Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 Mei 2011

How to Build Trust

Saat ini efektivitas kepemimpinan sangat bergantung pada kemampuan untuk memperoleh kepercayaan pengikut. Di masa yang penuh perubahan dan ketidakstabilan membuat orang beralih ke hubungan-hubungan yang saling mengikat dimana kepercayaan menjadi faktor kuncinya.

Bagaimana para manajer dan pemimpin dapat membangun kepercayaan yang tinggi dari pengikutnya? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba.

1. Bersikap terbuka. Pastikan orang memperoleh informasi yang mereka perlukan. Jelaskan mengapa Anda mengambil sebuah keputusan. Terus-teranglah tentang berbagai persoalan. Bukalah informasi yang relevan dengan situasi yang dihadapi.

2. Bersikap adil. Sebelum Anda bertindak atau mengambil keputusan pastikan Anda dapat memandang dari persepsi orang lain bagaimana mereka akan memandang itu semua dari sudut pandang obyektivitas atau keadilan. Berikan penghargaan kepada mereka yang memang berhak.

3. Ungkapkan perasaan Anda. Jika Anda berbagi perasaan mereka akan percaya. Logika atau data saja mungkin akan menciptakan jarak.

4. Tunjukkan konsistensi. Hiduplah dengan nilai-nilai inti Anda. Jangan sampai tindakan Anda berbeda dengan keyakinan yang selama ini Anda sampaikan kepada mereka.

5.Penuhi janji Anda. Jangan langgar janji Anda sendiri, ini akan menguras kepercayaan. Buktikan Anda komitmen terhadap janji dengan menepatinya.

6.Jaga kerahasiaan. Bila Anda membocorkan rahasia mereka, lain kali mereka tidak akan lagi mempercayai Anda. Mereka menceritakan rahasia karena percaya Anda tidak akan membocorkannya ke pihak lain.

Membina kepercayaan itu sulit, menghancurkannya sangat mudah. Kerja keras membangun kepercayaan selama bertahun-tahun dapat menjadi percuma dan hancur dalam sekejab bila Anda tidak konsisten sebagai pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar