Total Tayangan Halaman

Senin, 27 September 2010

How to be Great Coach


Coaching di masa sekarang dipandang sebagai cara yang terbaik untuk mengembangkan kompetensi karyawan dalam bekerja. Sebuah survei menjelaskan bahwa tingkat keberhasilan coach adalah 80-90% dalam mempengaruhi perubahan sikap dan cara kerja karyawan.

Bagaimana menjadi seorang Coach yang hebat? Rahasia terbesar coaching yang sukses menurut saya ada di proses pemberian umpan balik (feedback) yang cukup sering. Bagaimana Anda sebagai Coach memberikan pendapat atas kinerja orang yang Anda coach secara berkala dan dengan frekuensi yang cukup sering. Pada saat pemberian feedback Anda dapat membahas setiap kesulitan kinerja yang dihadapi oleh karyawan Anda dan memberikan solusi-solusi inovatif untuk ditindaklanjuti dalam pertemuan feedback yang berikutnya. Feedback yang sukses adalah saat karyawan Anda mengungkapkan masalah kinerja yang dihadapi dengan perasaan yang nyaman.  Ini hanya berhasil bila Anda dapat memanage emosi Anda dengan efektif. Hindari marah-marah saat mengevaluasi kinerja karyawan Anda.  Ini membangun ikatan kepercayaan atau trust yang cukup kuat untuk Anda memberikan motivasi dan dorongan agar mereka berkinerja lebih baik. Coach yang hebat memiliki data kinerja karyawan yang akan mereka coach. Sehingga feedback yang dilakukan tidak hanya mengandalkan asumsi atau persepsi semata. Karena itu pengukuran kinerja menjadi penting. Selamat menjadi Coach yang hebat bagi karyawan Anda. (Bambang Triyawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar